cara menyelamatkan bumi - Layar Kerja

cara menyelamatkan bumi

  bumi ini terasa panas dari pada sebelumnya,karena adanya lubang ozon yang semakin menganga
di atmosfer yang berdampak pada kehidupan di bumi.ini karena banyak nya emisi karbon dioksida yang dikeluarkan oleh masyarakat bumi. badan administrasi ruang angkasa eropa(ESA) memperkirakan bahwa lubang itu kini sekitar 10.000.000 km2 atau  sebesar benua eropa.

  ini berarti bumi menerima lebih banyak sinar ultraviolet dan membawa pengaruh yang sangat berbahaya.
orang yang sering terkena sinar ultraviolet akan menderita berbagai penyakit,misalnya kanker kulit dan katarak.
di samping itu, suhu  bumi juga akan meningkat dan tanah akan menjadi semakin tandus dan kering.

 dampaknya antara lain adalah api akan menyala di hutan hutan yang memiliki daun atau ranting ranting kering,
banjir pun akan melanda di daerah daerah, suhu udara akan meningkat, iklim yang sulit untuk di prediksikan dan masih banyak lagi.
 berikut adalah cara mudah untuk menyelamatkan bumi kita tercinta ini.



banyak cara untuk mengurangi emisi karbon dioksida.berikut adalah beberapa cara mudah untuk kita mengurangi emisi karbon dioksida di rumah...

        Di rumah-
Gunakan lampu hemat energi
-Jika setiap rumah tangga di Indonesia mengganti satu bola lampu biasa dengan salah satu lampu neon kompak baru, pengurangan polusi akan setara dengan menghapus satu juta mobil dari jalan. Gunakan lampu ini untuk lemari, ruang cuci dan tempat-tempat lain di mana tidak akan mengganggu Anda.
  
Jangan membuka pintu lemari kulkas terlalu lama
-semakin kita membukanya,  semakin banyak listrik terbuang,hal ini di sebabkan   sistem pendingin kulkas bekerja otomatis untuk menjaga agar temperatur di dalam kulkas tetap bertahan


Matikan alat alat elektronik yang tidak diperlukan
-matikan AC ,televisi,radio,komputer,dan berbagai macam alat elektronik yang tidak diperlukan, kita dapat mengurangi 83 persen emisi karbon jika kita hanya mengunakan nya selama 4 jam.


Mencuci baju dengan tangan
-hl ini lebih menghemet ketimbang mengunakan mesin cuci, jangan mengunakkan mesin pengering karena itu akan menghasilkan uap yang mengandung karbon dioksida.


Penggunaan etanol
-etanol dapat digunakkan sebagai alternatif penganti minyak dan gas,  etanol dapatt diperoduksi dari tanaman dengan kandungan alkohol,seperti tebu,palem,jatropa,jagung,singkong dll


Penuhi halaman anda dengan tanaman
-tanaman dapat menyejukkan rumah kita dan melindunginya dari panas matahari,tanaman juga memberi kita udara yang kaya akan oksigen, ketimbang menggunakkan AC.


Lindungi rumah anda dengan pelindung matahari
-misalnya memasang kaca film untuk kaca jendela fungsinya menjaga agar rumah tetap sejuk meskipun tanpa pendingin ruangan.


Gunakkan fentilasi yang memadai untuk peredaran udara yang sehat
-buka pintu dan jendela lebar lebar pada pagi hari dan biarkan udara segar masuk ke dalam rumah.

Jangan membakar sampah di halaman depan
-karena asapnya dapat melepaskan gas karbon dioksida yang berbahaya untuk pernapasan kita.

Jangan mengunakkan kantong plastik
-ini karena kantong plastik sulit untuk di daur ulang,jika di pendam dalam tanah membutuhkan waktu sekitar seribu tahun agar kantong kantong plastik dapat terurai. sebagai alternatifnya, gunakkan kantong kertas atau yang lainnya yang dapat di daur ulang.




3 comments:


EmoticonEmoticon