WC Jongkok Lebih Sehat Ketimbang WC Duduk - Layar Kerja

WC Jongkok Lebih Sehat Ketimbang WC Duduk


closet WC
closet WC / sumber image google

Menjaga kebersihan diri saat BAB sangat penting kita lakukan untuk kesehatan tubuh tetap terjaga. di indinesia saat ini ada dua jenis closet WC yang populer digunakan di masyarakat untuk BAB, yaitu closet WC jongkok dan closet WC duduk. Dua closet WC ini sering kita temui di berbagai tempat umum, dan terkadang ada yang menggunakan kedua jenis closet ini di toilet mereka.

closet WC duduk biasa digunakan masyarakat barat seperti Eropa dan Amerika, sedangkan closet closet WC jongkok lebih populer di benua Asia, Afrika, dan sebagian wilayah Eropa. Lalu, manakah yang sebenarnya lebih menguntungkan bagi kesehatan, closet WC duduk atau closet WC jongkok?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dov Sikirov, diterbitkan dalam Journal Digestive Diseases and Sciences menyebutkan bahwa menggunakan WC jongkok jauh lebih sehat ketimbang menggunakan WC duduk.

Pasalnya, pada saat seseorang jongkok, posisi usus besar lurus dan otot puborecatlis melemas. Otot puborecatlis adalah otot yang menahan agar tinja tidak keluar saat berdiri, sehingga proses BAB menjadi lebih mudah.

Sedangkan saat BAB dengan posisi duduk, otot puborecatlis tidak melemas dengan sempurna sehingga harus mengejan lebih keras agar tinja bisa keluar.

Ditambah lagi permukaan kulit yang menempel pada WC duduk berpotensi terpapar bakteri atau kuman yang ada di permukaan WC duduk tersebut. Apalagi jika closet WC duduk tersebut menjadi fasilitas umum yang digunakan banyak orang.
So, silahkan tentukan sendiri, WC jongkok atau WC duduk? dari berbagai sumber
Comments


EmoticonEmoticon