Handbrake Software Untuk Mengecilkan Ukuran File Video - Layar Kerja

Handbrake Software Untuk Mengecilkan Ukuran File Video

Handbrake

Video yang Anda rekam menggunakan kamera dengan resolusi yang tinggi tentu akan menghasilkan ukuran Video yang tinggi pula. Ukuran video yang tinggi terkadang juga dapat menguras banyak ruang penyimpanan di hardisk. Dilema yang terjadi adalah sayang untuk menghapus dan jika tidak di hapus maka akan membuat penyimpanan penuh.

Hal lain dari kendala video berukuran file sangat besar adalah ketika anda akan mengedit video tersebut dengan software pengedit video. Ketika Anda mengedit file video berukuran besar dengan laptop atau pc dengan spesifikasi yang rendah, maka akan terjadi lag atau software  menjadi berat dan terkadang not responding.

Lalu bagaimana solusi dan cara untuk memperkecil ukuran video tersebut. Dalam artikel ini akan saya bahas mengenai software Handbrake Video Converter.

Handbrake adalah alat untuk mengkonversi video dari hampir semua format ke pilihan codec modern yang didukung luas. Alasan mengapa saya menyarankan Anda untuk menggunakan Handbrake video converter untuk memperkecil video adalah:

1. Konversi video dari hampir semua format
Dengan berbagai jenis format file video yang ada saat ini, Handbrake dapat melakukan berbagai dukungan pemformatan dan converter dengan banyak jenis format file yang ada saat ini.

2. Gratis dan Terbuka
Software ini gratis, dan siapupun dapat menggunakannya.

3. Multi-Platform
Dapat digunakan di berbagai operasi sistem, baik  Windows, Mac dan Linux

4. Kualitas Video dapat di sesuaikan
Anda dapat menyesuaikan dengan berbagai pilihan dan Anda dapat bereksperimen untuk mendapatkan kualitas video terbaik dengan ukuran file yang sesuai keinginan Anda.

Pengalaman mengunakan software ini suatu ketika saya pernah mengecilkan sebuah video dengan ukuran file video yang awalnya 1GB hingga menjadi 50MB tanpa mengurangi kualitas gambar pada video, luar biasa sekali bukan. Namun setiap video yang di convert tentu memiliki inpput yang berbeda maka hasilnya juga akan berbeda beda, dengan setingan preset settingan yang telah tersedia ataupun mensetting sendiri output yang diinginkan dengan baik maka akan menentukan kualitas output video tersebut (zad).

Fitur
Sumber Input yang Didukung:
Handbrake dapat memproses sebagian besar file multimedia dan semua sumber DVD atau BluRay selama tidak mengandung segala jenis perlindungan lisensi.

Output:
Wadah File: .MP4 (.M4V) dan .MKV
Pengode Video: H.265 (x265 dan QuickSync), H.264 (x264 dan QuickSync), H.265 MPEG-4 dan MPEG-2, VP8, VP9 dan Theora
Pengode Audio: AAC / HE-AAC, MP3, Flac, AC3, atau Vorbis
Audio Pass-thru: AC-3, E-AC3, DTS, DTS-HD, TrueHD, AAC dan trek MP3


Download HandBrake
For Windows 7, 8.1 and 10 (64bit only)


Untuk Tutorial lebih jelasnya cara memperkecil ukuran Video menggunakan Handbrake ini Anda bisa melihatnya pada tutorial dibawah ini:


Comments


EmoticonEmoticon