5 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Dari Hobi Yang Dibayar - Layar Kerja

5 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Dari Hobi Yang Dibayar

pixabay

Menjadi mahasiswa, Kamu tentu dituntut untuk hidup mandiri. Apalagi jika Kamu berada di kota orang dan jauh dari keluarga. Tidak jarang, uang saku dari orang tua pun habis sebelum waktunya. Alhasil, mie rebus selalu jadi menu pilihan di tanggal tua. Apakah Kamu mengalami hal yang sama? Kalau iya, sebaiknya Kamu segera mengambil pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Ya, status Kamu sebagai mahasiswa sebenarnya sangat menguntungkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Dengan ide yang kreatif dan inovatif, Kamu pasti bisa mendatangkan uang dari mana saja. Lalu, apa saja peluang usaha paling cocok untuk mahasiswa?

Aneka Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Sebagai mahasiswa, Kamu sangat bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Bahkan, jika Kamu menekuninya, penghasilan yang Kamu dapatkan bisa jadi tabungan di masa depan. Mau tau usaha apa saja yang bisa Kamu kerjakan? Yuk, cek ulasan berikut:


1. Freelance writer
Kamu mahasiswa yang hobi menulis? Tentu sangat menyenangkan jika hobimu ini dapat mendatangkan uang bukan? Ya, menjadi freelance writer sangat cocok untuk Kamu yang punya passion di bidang menulis. Kamu bisa menulis artikel atau e-book di berbagai situs web atau blog. Setiap hasil karya yang dipublikasikan, Kamu akan mendapatkan uang. Bagaimana, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada hobi yang dibayar bukan?


2. Pengajar les privat
Kamu pasti sering menolong adik mengerjakan PR di rumah bukan? Nah, siapa sangka jika kebiasaan membantu adik belajar ternyata bisa mendatangkan uang. Caranya adalah dengan menjadi pengajar atau tutor les privat. Sebagai mahasiswa, wawasan Kamu tentang materi pelajaran SD, SMP, dan SMA tentu tidak perlu diragukan. Apalagi bagi Kamu yang punya IPK 3++, peluangnya sangat besar untuk bisa jadi pengajar.


3. Fotografer
Kalau Kamu hobi dan menekuni dunia fotografi, maka pekerjaan sampingan yang paling cocok adalah membuka jasa foto dan video. Banyak sekali event yang membutuhkan jasa foto, seperti wedding, pre wedding, graduation, dll. Sekali lagi, ini adalah sebuah hobi yang dibayar. Bahkan, bayaran yang bisa Kamu terima pun cukup mahal. Jadi, siap-siap saja dompetmu akan semakin tebal.


4. Make Up Artist (MUA)
Bisnis MUA semakin banyak digemari oleh mahasiswa. Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang satu ini memang cukup menjanjikan. Kalau Kamu punya keahlian merias wajah, tidak ada salahnya untuk mencoba. Kamu bisa memasarkan jasamu lewat media sosial seperti Instagram. Saat karyamu mulai dikenal banyak orang, saat itu juga Kamu akan kebanjiran tawaran job hingga punya penghasilan jutaan. Kamu bisa menawarkan jasa rias wajah untuk moment wisuda, wedding, pre wedding, ulang tahun, dan moment penting lainnya.


5. Desain grafis
Pekerjaan ini cocok bagi Kamu yang punya jiwa seni dan memiliki talenta di bidang desain grafis. Di luar sana, banyak sekali klien yang membutuhkan keahlianmu. Kamu bisa mengerjakan proyek desain sesuai dengan permintaan klien, seperti desain website, desain kaos, kemasan produk, logo, dll. 

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa tentu akan mendatangkan banyak hal positif. Selain bisa menambah uang jajan, Kamu juga bisa lebih mandiri dan punya banyak pengalaman. Namun, ingatlah bahwa kewajiban yang paling utama adalah belajar. Jadi, jangan sampai Kamu meninggalkan pelajaran hanya karena sibuk menjalankan kerja sampingan. Pastikan pekerjaan sampingan yang Kamu lakukan tidak mengganggu waktu belajar. Tunjukkan bahwa Kamu tetap berprestasi meski harus belajar sambil bekerja.

Vony Agustin

1 comment:


EmoticonEmoticon