Fakta Menarik Kartu Pra Kerja, Pengangguran Wajib Baca - Layar Kerja

Fakta Menarik Kartu Pra Kerja, Pengangguran Wajib Baca

Kartu Pra-Kerja
Benarkah pengangguran akan mendapat gaji setiap bulan? Ya, benar sekali. Fakta ini tentu saja membuat para pengangguran sedikit lebih bahagia. Program yang dikabarkan akan segera diluncurkan tahun 2020 ini merupakan gagasan dari pemerintah Jokowi. Bagi Kamu yang belum bekerja dan masih jadi pengangguran, kartu pra kerja ini tentu akan memberi secerca harapan baru. 

Inilah 3 Fakta Kartu Pra Kerja, Pengangguran Bakal Punya Penghasilan

Kamu pengangguran? Ingin dapat tunjangan kartu pra kerja? Lalu, apa saja syarat dan ketentuannya? Daripada penasaran, yuk baca fakta-fakta berikut:


1. Sasaran penerima kartu pra kerja

Ternyata, tidak semua pengangguran bisa mendapatkan tunjangan. Nah, kira-kira siapa saja yang berhak memiliki kartu pra kerja? Apakah Kamu salah satunya? Jika Kamu adalah lulusan baru dari bangku SMA, SMK, atau perguruan tinggi, maka Kamu berhak memilikinya. Selain itu, kartu ini juga berhak dimiliki oleh Kamu yang baru terkena PHK. Jadi, program ini hanya didedikasikan untuk anak muda usia produktif saja. Bagaimana, apakah Kamu memenuhi kriteria?


2. Kesempatan kursus dan magang

Bagi Kamu pemegang kartu pra kerja, Kamu akan mendapat kesempatan untuk ikut kursus dan pelatihan. Hal ini bertujuan agar ilmu dan keahlianmu semakin bertambah. Kamu bisa menentukan jenis kursus dan pelatihan apa yang ingin ditekuni. Dengan begitu, Kamu akan memiliki keahlian dan keterampilan sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan dana sedikitpun, karena semua biaya kursus akan dibayar oleh pemerintah. Selain itu, Kamu juga punya kesempatan untuk magang di BUMN atau pun perusahaan swasta. Nah, kesempatan ini tentu harus Kamu manfaatkan untuk menambah pengalaman kerja.


3. Tunjangan setiap bulan

Selain bisa ikut kursus dan magang secara gratis, Kamu juga akan mendapatkan insentif bulanan. Namun, belum diketahui secara pasti berapa jumlahnya. Insentif bulanan ini diberikan dengan tujuan untuk membangun semangat anak-anak muda agar cepat mendapatkan pekerjaan.

Itulah beberapa fakta tentang program terbaru yang digagas oleh pemerintahan Jokowi. Menjadi pengangguran yang digaji sebenarnya enak ngga sih? Pada satu sisi mungkin terlihat sangat enak, tapi percayalah bahwa menjadi pengangguran sebenarnya tidak enak sama sekali. Saat menjadi pengangguran, Kamu pasti akan merasa jenuh dan bosan. Belum lagi jika mendengar omongan tetangga yang tidak enak di telinga. 

Selain itu, Kartu pra kerja juga memiliki jangka waktu, yaitu hanya 6 - 12 bulan saja. Jadi, Kamu tidak bisa selamanya mendapatkan tunjangan. Jika masa pelatihan sudah selesai, Kamu tidak bisa lagi mengharapkan insentif bulanan. Kamu harus fokus mencari kerja dengan bekal keterampilan yang sudah dimiliki. Semoga Kamu tidak menjadi pengangguran abadi. Jangan lupa nikmati dan syukuri apa pun pekerjaanmu nanti.

oleh : Vony Agustin
Comments


EmoticonEmoticon